Halaman

Powered By Blogger

Sabtu, 05 Februari 2011

Cara membasmi kutu kucing

Cara untuk membasmi kutu kucing tidaklah semudah yang anda bayangkan. Kadang kita menganggap kucing kita sudah terbebas dari kutu hanya dengan perawatan sesekali saja,atau anda sudah membunuh atau membersihkan kutu kucing dewasanya atau emaknya kutu kucing,tetapi kita tidak membasmi telur kutunya. Hal ini yang sering kita lupakan,kita harus memberantas kutu kucing dengan telur-telurnya,karena kutu kucing bertelur atau berkembangbiak dengan sangat cepat,dan kembali menggigit kucing anda. Wew kasian kan kucing nya kegatelan...

Berikut ini cara untuk membasmi kutu kucing/pinjal:

Shampoo anti kutu
Cara ini sangatlah mudah dilakukan oleh anda sendiri. Metode penggunaan shampoo ini lebih cocok untuk kucing yang berumur 2 bulan atau kucing yang belum dapat diobati oleh anti kutu lainnya. Beberapa pemilik kucing dewasa juga menyukai cara seperti ini karena bukan hanya untuk membasmi kutu kucing, juga dapat membuat kucing lebih bersih.Pada saat memandikan,sebaiknya shampoo kucing diberikan dua kali,pertama basahi rambut kucing secara merata,tambahkan shampoo kucing secara merata kemudian bilas dengan air(air hangat). Lalu berikan lagi shampoo kucing secara merata dengan sedikit menggosok rambut kucing,ratakan dan biarkan selama + 5-10menit baru kemudian dibersih kan. Lalu keringkan rambut kucing dengan handuk dan hairdryer. Agar tuntas sebaiknya mandi shampoo anti kutu diulang dua minggu kemudian. Setelah itu, untuk tujuan pencegahan, pemberian shampoo dapat dilakukan 1 bulan sekali.




Suntikan Ivermectin
Banyak orang salah kaprah menyebut suntikan ivermectin adalah suntikan anti jamur. Sebenarnya ivermectin tidak dapat membasmi jamur. Ivermectin dapat dipergunakan untuk membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu (pinjal, caplak dan tungau). Sepertihalnya obat lain, ivermectin hanya membunuh cacing/kutu dewasa, tidak membunuh telurnya. Oleh karena itu diperlukan setidaknya 3 kali suntikan ivermectin dengan jarak 3-4 minggu. Injeksi ivermectin harus dilakukan dengan hati-hati pada kucing umur kurang dari 4 bulan. 
*. Suntikan ivermectin tidak dianjurkan pada anak kucing berumur kurang dari 2 bulan, karena dapat menyebabkan keracunan dan mengganggu perkembangan ginjal.
Untuk pencegahan cacing & kutu pada kucing dewasa, suntikan ivermectin dapat dilakukan 2-4 kali setiap tahunnya.

Obat tetes/spray
Ada banyak obat tetes & spray anti kutu yang di jual di petshop-petshop, seperti Accurate, Revolution dan Frontline. Perhatikan aturan pakai setiap obat, biasanya obat-obatan tersebut tidak dianjurkan digunakan pada kucing dibawah umur 2 bulan.
Obat tetes biasanya diteteskan di kulit pangkal kepala di bagian belakang, dimana kucing tidak bisa menjilat bagian tersebut. Obat tetes Frontline cukup efektif membasmi kutu/pinjal selama 1 bulan. Agar tuntas sebaiknya diulang 1 bulan kemudian.
Untuk pencegahan, pemberian obat tetes dapat dilakukan 2-3 kali setahun.

Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian semua penyayang kucing. Goodluck!! 

2 komentar:

  1. pake shampo anti kutu tetep aja ada, mesti ke salon atau dokter apa ya.

    BalasHapus
  2. 10k9 videos to watch for your tv - videodl.cc
    Stream popular YouTube youtube to mp3 convert videos to get exclusive access to the best video and audio in the world. Watch videos related to Youtube!

    BalasHapus